• November 20, 2023
para calon presiden 2024

Anies, Prabowo, dan Ganjar Ajak Anak Muda Tidak Golput di Pilpres Mendatang

Ketiga calon presiden yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo mengajak masyarakat supaya masyarakat menggunakan hak pilih pada saat pemungutan suara pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dan menghindari golput. Hal itu disampaikan oleh Anies, Prabowo, dan Ganjar dalam kegiatan 13 Tahun Mata Najwa di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu.

Ganjar mengajak generasi muda untuk terlibat dalam proses sbobet pembangunan Indonesia dari berbagai sisi supaya tumbuh bersama dan menentukan masa depan mereka. “Bahasa saya melamar anak muda untuk terlibat karena mereka unik. Hidup di era yang serba berputar cepat. Penuh dengan instrumen yang menarik seperti dunia digital, dan menentukan masa depannya,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, dia mendapat masukan untuk memberikan kesempatan dan akses bagi generasi muda dari pedesaan sampai kota buat terlibat dalam pembangunan. “Kalau mereka kita ajak terlibat dan berpartisipasi, rasa-rasanya mereka bisa menularkan semangat itu kepada teman-temannya karena anak muda akan menentukan nasib bangsa,” ujar Ganjar.

Sedangkan Prabowo mengimbau supaya generasi muda dan masyarakat umum menggunakan hak pilih mereka di bilik suara pada 14 Februari 2024 mendatang. Menurut Prabowo, golput adalah wujud sikap menyerah seseorang terhadap kondisi politik yang masih mungkin diubah.

“Kecenderungan golput itu sebetulnya adalah menurut saya suatu sikap menyerah. Suatu sikap tidak peduli, dan ini terjadi di banyak negara,” ujar Prabowo. Prabowo mengatakan, nasib bangsa Indonesia 5 tahun mendatang akan ditentukan di tempat pemungutan suara (TPS). Pada saat pemungutan suara seluruh rakyat diberi hak yang sama buat menyampaikan pilihan politiknya.

Baca Juga : Kampanye Belum Mulai tapi Baliho Sudah Ada di Mana-mana

“Sekali dalam 5 tahun, seluruh rakyat Indonesia itu sama. Kekuasaannya sama. Tidak ada jenderal, tidak ada petani, tidak ada orang kaya, tidak ada orang miskin. Satu orang satu suara. Jadi kalau tidak dimanfaatkan ya itu sangat-sangat sayang,” ucap Prabowo.

“Dan saya selalu katakan kalau kita ingin merubah, perbaiki nasib, gunakanlah hak pilih,” sambung Prabowo. Sedangkan Anies menilai sebaiknya generasi muda menggunakan hak pilihnya dan tidak bersikap pasif ketika diberikan pilihan calon pemimpin melaluiĀ Pilpres 2024.

Anies menilai golput bukanlah sebuah pilihan yang baik karena golongan itu tidak diperhitungkan dan tidak membuat Pilpres kehilangan legitimasi.

“Jadi kalau pemilu yang datang hanya 40 persen, yang 60 persen tidak memilih tidak kemudian pemilunya batal. Keputusannya ditentukan oleh yang 40 persen. Sekarang pilihannya, kita mau jadi yang menentukan atau mau jadi yang menonton keputusan. Menurut saya pilih jadi yang menentukan,” ucap Anies.

Anies menilai, jika suara dari kelompok golput diperhitungkan dan bisa mempengaruhi legitimasi Pilpres maka hal itu menjadi opsi alternatif bagi masyarakat yang merasa kehilangan harapan terhadap proses politik. Akan tetapi, jika yang terjadi justru sebaliknya malah menurut Anies sikap tidak menggunakan hak pilih justru merugikan.

“Kalau itu tidak jadi pilihan, mengapa kita jadi penonton. Apalagi anak muda. Ada soal pengangguran, ada soal biaya sekolah yang mahal, kenapa kita mendiamkan. Lihat siapa yang membawa ide-ide itu, lihat siapa yang punya kaitan dengan anak muda dan ambil pilihannya,” papar Anies. “Jangan jadi penonton jangan jadi golput karena tidak dihitung suaranya,” sambung Anies.