• Januari 29, 2024

Indonesia Borong 5 Medali di SEAFF Junior and Cadet Championships 2024 Malaysia

Timnas Anggar Kadet dan Junior Indonesia berhasil meraih 5 medali terhadap Kejuaraan Anggar ASEAN yang bertajuk SEAFF Junior and Cadet Championships 2024.

Dalam ajang tersebut, Indonesia meraih satu medali emas, satu medali perak, dan tiga perunggu.

Satu-satunya medali emas disumbangkan fencer junior Indonesia, RS Arval Raziel yang merupakan binaan Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) pimpinan Amir Yanto.

Pada pertandingan final no Epee Junior Putra yang berjalan di Arena Tan Sri Hamzah Kuala Lumpur, https://www.beijingtokyobistrosf.com/ Malaysia, Kamis (11/6/2024), putra mantan atlet anggar nasional Sundara ini mengalahkan Jesaiah Rabindranath dari Malaysia dengan skor telak 15-8.

Pada pertandingan semifinal, Arval Raziel jufa meraih kemenangan telak atas Ngoc Phat dari Vietnam dengan skor 15-9.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
“Saya senang dapat menyumbangkan medali emas bagi Indonesia di SEAFF Junior and Cadet Championships 2024 Malaysia. Ini kado awal tahun membuat pak Amir Yanto yang udah menambahkan support terhadap Tim Anggar Kadet dan Junior Indonesia. Mudah-mudahan aku dapat tingkatkan prestasi lebih baik lagi di event yang lebih tinggi ke depan,” kata Arval Azriel dalam rilis kepada Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Satu medali perak disumbangkan Mens Team Epee Junior (Arval Raziel RS, Andi Akbar, Diven Dwi PA, Zaydan Kariim).

Sedangkan 3 medali perunggu dari no Eppe Junior Putri melalui penampilan Nazwa Salwa, Team Womens Epee Junior (Nazwa Salwa, Alzenna Laiqa, Fadilah Aprilia, Shahira Aqeela), dan Team Mens Foil Junior (Clifford Junior, Zaydan Kariim, Diven Dwi AP, Andi Akbar).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) PB IKASI, Dr. Masyhudi SH MH, bangga atas prestasi yang diraih atlet terhadap ajang ini.

“PB IKASI bangga dengan mengirim 9 atlet dapat meraih 5 medali terdiri dari 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu. Kita apresiasi perjuangan fencer junior Indonesia yang dapat tunjukkan kualitasnya,” mengerti dia.

“Program kerja Bidang Prestasi yang udah kita susun sejak terpilihnya pak Amir Yanto ini dalam kurun saat 1 tahun udah banyak sebabkan pergantian prestasi Anggar Indonesia. Ke depan, mereka bakal terus dibina https://waroengkenangan.com/ supaya dapat meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang internasional,” katanya menambahkan.

Selain jalankan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan, PB IKASI pimpinan Amir Yanto juga udah menjaring atlet-atlet potensial melalui Kejuaraan Nasional Anggar yang berjalan di Pusdik Adhyaksa Jakarta Timur, 20-21 Desember 2023.

Kejurnas yang diikuti 98 fencer (sebutan atlet anggar) juga dijadikan sebagai ajang Seleksi Atlet Nasional (Seleknas) menuju SEA Games 2025 Thailand.

Menurut Masyhudi, fencer-fencer paling baik dari hasil Kejurnas 2023 selanjutnya bakal dipanggil untuk masuk dalam pelatnas yang gunakan sistem promosi dan degradasi.

Tujuannya untuk mendapatkan fencer paling baik supaya mengakses peluang untuk dapat meraih prestasi di SEA Games 2025 Thailand.

“Persaingan di SEA Games 2025 Thailand tentu ketat. Makanya, PB IKASI jalankan pelatnas lebih dini dengan gunakan sistem promosi dan degradasi supaya dapat membuahkan fencer paling baik yang dapat meraih emas di SEA Games 2025 Thailand nanti,” mengerti dia.