• Mei 21, 2024

PSI dan Gerindra Beri Sinyal Koalisi di Pilkada Surabaya 2024, Calonkan Bayu Airlangga?

Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra dan Dewan Pimpinan Tempat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Surabaya membuka alternatif berkoalisi pada Pilkada 2024.

Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kota Surabaya A.H Thony mengatakan komunikasi pembentukan koalisi sudah mulai dibahas semenjak kedatangan pengurus PSI setempat ke kantor partainya, pada Selasa (14/5/2024).

Ini sudah ada komunikasi dengan PSI, kami berterima beri karena PSI punya motivasi yang sama,” kata Thony.

Thony mengucapkan pembentukan koalisi ini merujuk pada akumulasi peroleh kursi kedua partai di DPRD Kota Surabaya.

Pada Pemilu 2024, Partai Gerindra mengalami kenaikan kursi dari sebelumnya lima menjadi delapan kursi. Padahal, PSI naik dari empat menjadi lima kursi.

Selain itu, kata dia, Gerindra dan PSI sama-sama tergabung di dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang sukses memenangkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih di Pemilu 2024.

“Di Surabaya kami menduplikasi keberhasilan di pusat, syukur-syukur nanti dapat cair dengan partai non-KIM,” ujarnya.

Terpisah, Pelaksana tugas Ketua DPD PSI Kota Surabaya Shobikin mengatakan pertemuan dengan para pengurus mahjong Gerindra yang sudah dilaksanakan minggu lalu semakin memperkuat ikatan batin kedua partai politik.

“Memang sudah ada ke arah sana untuk berkoalisi walaupun masih belum final. Kami mau seluruh dapat menyajikan yang terbaik,” ujarnya.

Dia mau langkah menyongsong Pilkada Surabaya ini dapat berjalan berkelanjutan dan lancar.

Calonkan Bayu Airlangga?

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berancang-ancang melanjutkan kerja sama bersama para partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Bayu Airlangga di Pemilihan Kepala Tempat (Pilkada) Surabaya 2024.

“Bayu itu juga Golkar dan Ketua Projo Jawa Timur, tentu kami buka alternatif-alternatif itu. Apalagi akan sungguh-sungguh kuat apabila parpol KIM bersama. Apalagi Golkar sudah memberi sinyal mensupport Bayu Airlangga maju di Pilkada Surabaya,” kata Ketua Dewan Pembina PSI Jawa Timur Teguh Cahyadi atau Gus Din dalam keterangan sah yang diterima di Surabaya, Jumat 10 Mei 2024.

Selain merupakan kader Partai Golkar, Gus Din mengucapkan Bayu Airlangga merupakan contoh yang punya perhatian terhadap rakyat.

Kemudian, Bayu juga acap kali turun ke bawah untuk menolong merampungkan seluruh persoalan yang dihadapi masyarakat.

Gaya politik yang diperlihatkan Bayu, kata Gus Din mengingatkannya dengan Soekarwo atau Pakde Karwo.

“Surabaya butuh sosok merakyat, egaliter. Tentu alternatif-alternatif ini sungguh-sungguh terbuka untuk dipertimbangkan PSI. Yang pasti, PSI mensupport calon yang mau melanjutkan pembangunan,” sebutnya.