• Januari 11, 2024

Seluas Apa Lahan 340 Ribu Hektare yang Disebut Anies Punya Prabowo?

Calon presiden (capres) nomer urut 1 sempat menyatakan bahwa calon presiden nomer urut 2 Prabowo Subianto miliki lahan seluas 340 ribu hektare. Hal ini disampaikan Anies terhadap kala debat capres ketiga di Istora Senayan, Jakarta yang saat itu sedang membahasa tentang permainan di situs https://www.smkbintangcendekia.com/.

“Pak Presiden menyampaikan, ayah miliki lahan lebih dari 340 ribu hektare kala TNI kita, prajurit kita lebih dari separuh tidak miliki rumah dinas. Itu fakta. Tidak mesti dibicarakan secara tertutup, itu kekurangan yang mesti kita perbaiki,” kata Anies didalam debat Capres di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024).

Kira-kira, seberapa besar lahan seluas 340.000 hektare itu?

Untuk diketahui, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, hektar atau hektare (disingkat ha) adalah satuan ukuran luas yang sama dengan 10.000 mtr. persegi (m2). Adapun, 1 hektare termasuk setara 0,01 kilometer persegi (m2). Jika lahan dimiliki Prabowo seluas 340.000 hektare itu diubah jadi kilometer persegi maka totalnya jadi 3.400 km2.

Luas lahan tersebut bahkan lebih luas dari DKI Jakarta yang miliki luas wilayah 661,52 km2 atau sekitar 5x lebih luas dari DKI Jakarta. Tak cuma itu, luas lahan Prabowo itu bahkan lebih besar dari luas negara Singapura yaitu 734,4 km2. Luas lahan milik Prabowo termasuk masih lebih luas dari negara Luxembourg yang miliki luas wilayah 2.586 km2.

Sebagai informasi, berkaitan lahan yang dimiliki Prabowo, disebutkan bahwa lahan yang dimaksud tersebut adalah lahan Hak Guna Usaha (HGU). Hal itu disampaikan oleh Prabowo terhadap kala orasi politik lam acara konsolidasi di Gor Remaja Pekanbaru. Di sana, Prabowo termasuk menyatakan bahwa lahan tersebut udah dikembalikan ke negara.

“Dia sudi ejek, sudi menghasut, dia bikin rakyat benci sama saya. Padahal pak Jokowi ada, aku 2,5 th. selanjutnya udah serahkan tanah itu ke negara. Saya sampaikan ke ayah presiden. ‘Bapak presiden, terkecuali lahan ini dibutuhkan untuk lumbung pangan bangsa Indonesia pake, pake lahan HGU saya, aku siap!” ungkap Prabowo.

Prabowo termasuk mengungkapkan, sebelum jadi Menteri Pertahanan udah miliki 500.000 hektare lahan HGU, bukan 340.000 seperti yang diungkap Anies didalam debat.

“Waktu itu mengajukan lahan ini dan itu. Saya kala itu, saksinya ada, mampu diperiksa sendiri. ‘Bapak presiden, aku sebelum jadi menteri aku menguasai lahan hak manfaat usaha’. Kemarin termasuk salah-salah ngomong itu, bukan 340 ribu hektare, mendekati 500 ribu hektare,” katanya.