• Januari 25, 2024
palestina bersatuu

Tank-tank Israel Serang Kamp Pengungsi PBB di Khan Younis, Sembilan Orang Tewas

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB menyatakan bahwa tank-tank Israel menyerang pengungsi Palestina yang berada di kamp pengungsi instansi ini di Khan Younis. Akibatnya sejumlah warga Palestina meninggal. Serangan tersebut, menurut PBB menghantam pusat pelatihan kejuruan yang menampung 30.000 pengungsi di Khan Younis, kota utama Gaza selatan. Serangan ini memetik kecaman berasal dari Amerika Serikat.

“Korban massal terjadi, sebagian bangunan terbakar dan tersedia laporan kematian. Banyak orang coba melarikan diri berasal dari tempat kejadian, namun tidak bisa,” kata Koordinator Kemanusiaan PBB untuk Wilayah Palestina James McGoldrick, Rabu, 24 Januari 2024.

Thomas White, direktur urusan Gaza untuk badan PBB UNRWA, menyebutkan dua slot via pulsa peluru tank menghantam keliru satu gedung tempat berlindungnya 800 orang pengungsi. Sedikitnya sembilan orang tewas dan 75 luka-luka. Kepala badan berikut Philippe Lazzarini menyebutkan kuantitas korban tewas kemungkinan lebih banyak.

“Kompleks itu adalah layanan PBB yang ditandai bersama mengerti dan koordinatnya dibagikan kepada Pemerintah Israel layaknya yang kami melaksanakan pada seluruh layanan kami. Sekali ulang ini merupakan pengabaian pada aturan basic perang,” kata Lazzarini.

Di Washington, juru berkata Departemen Luar Negeri AS Vedant Patel menyebutkan menyesalkan serangan hari ini pada pusat pelatihan Khan Younis milik PBB. “Warga sipil kudu dilindungi, dan hakikat pertolongan layanan PBB kudu dihormati, dan pekerja kemanusiaan kudu dilindungi agar mereka sanggup terus beri tambahan pertolongan kemanusiaan yang mereka perlukan untuk menyelamatkan nyawa warga sipil,” kata Patel.

Militer Israel awalannya mengeluarkan pernyataan yang melukiskan lokasi Khan Younis yang lebih luas sebagai basis pejuang Hamas. Israel mengakui bahwa pertempuran berjalan di dekat sejumlah besar warga sipil.

Baca Juga: https://bhgplc.com/hamas-minta-rumah-sakit-di-gaza-dijaga-dari-serangan-israel/

Namun didalam pernyataan keduanya, militer Israel menyebutkan kontrol pada sistem operasionalnya mengesampingkan bahwa pasukannya udah menyerang pusat pelatihan tersebut. Ia beri tambahan bahwa militer tetap menyelidiki apakah serangan itu adalah akibat berasal dari tembakan Hamas.

Pasukan Israel udah melancarkan serangan darat terbesar mereka didalam setidaknya satu bulan, mengepung Khan Younis yang merupakan tempat berlindungnya ratusan ribu orang pengungsi berasal dari Gaza. Sebagian besar berasal dari 2,3 juta masyarakat Gaza kini tinggal di Khan Younis dan kota-kota di utara dan selatannya. Para pejabat Palestina menyebutkan Israel udah menutup dan mengepung tempat tinggal sakit-rumah sakit utama di kota itu, agar kemungkinannya sangat kecil bagi tim penyelamat untuk menjangkau banyak korban luka dan tewas.